Minggu, 27 November 2011

MANAJEMEN, ORGANISASI DAN PEMASARAN (MARKETING)

Nama : Rio Guno Saktio

Npm    : 26211247

Kelas  : 1EBO8

MANAJEMEN, ORGANISASI DAN PEMASARAN (MARKETING)

1.      Pengertian Manajemen!
Manajemen adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan Perencanaan, pengorganisasian, Pengarahan dan Pengendalian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, melalui pemanfaatan SDM dan SD yang lainnya.

2.      Jelaskan dan Sebutkan Fungsi-Fungsi Manajemen.
Ada 4 Fungsi manajemen yang utama antara lain :

a.      Perencanaan(Planning)
Fungsi yang utama dan yang terpenting, digunakan agar sasaran dan tujuan dapat tercapai di masyarakat. Perlunya perencanaan antara lain untuk:
·        Untuk menidentifikasi peluang masa depan.
·        Antisipasi atau menghindari masalah masa depan.
·        Untuk mengembangkan langkkah-langkah strategi.

Dalam prakteknya apa saja yang direncanakan ?
·        Produk, berapa: jenis, jumlah, kualitas.
·        Dana, berapa: jumlah dan sumber dana.
·        Karyawan, berapa: jumlah, keahlian karyawan.

Jenis-jenis Perencanaan dapat dibedakan menjadi 2 antara lain:
·        Strategis adalah perencanaan yang berhubungan dngan hidup organisasi atau perusahaan, Maju mundurnya organisasi atau perusahaan, Keberadaan organisasi atau perusahaan, Hasil yang akan dicapai organisasi atau perusahaan, dan Jangka waktu yang panjang.
·        Taktis adalah perencanaan jangka pendek yang berkenaan dengan kegiatan optimal organisasi atau perusahaan, seperti:membuat anggaran tahunan, memilih

b.     Pengorganisasian(Organizing)
Fungsi manajemen yang kegiatannya membagi pekerjaan, mengelompokkan pekerjaan, mendelegasikan wewenang dan mengkoordinasikan aktivitas.
Tujuannya antara lain:
·        Setiap individu dapat mengetahui dengan jelas tugas, kewajiban dan tanggung jawab.
·        Agar terbina hubungan baik antar anggota organisasi dan antar organisasi.

c.      Pengarahan(Actuating)
Merupakan kegiatan untuk mengarahkan agar semua angggota organisasi melaksanakan kegiatannya masing-masing yang telah ditentukan.
Bentuk-bentuk kegiatannya antara lain :
·        Berkomunikasi dengan semua anggota organisasi.
·        Memberikan pengarahan dan petunjuk.
·        Memberikan kepemimpinan.
·        Memberikan motivasi untuk mendorong para karyawan.

d.     Pengendalian(Controlling)
Merupakan aktivitas yang menemukan, mengoreksi apakah adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai, dibandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan. Langkah-langkah pengendalian:
·        Menetapkan standard an metode.
·        Mengukur prestasi kerja.
·        Memutuskan apakah kerja sesuai standar.
·        Mengambil tindakan koreksi.

3.      Sebutkan Ketrampilan-Ketrampilan Manajerial yang Ada.
Ketrampilan- ketrampilan yang dibutuhkan manajer agar dalam mengelola organisasi atau perusahaan bias efektif antara lain :
·        Ketrampilan Konseptual
Kemampuan untuk menginegrasikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dan kepentingan organisasi
·        Ketrampilan Kemanusiaan
Ketrampilan untuk bekerja dengan orang lain, memahami dan memotivasi mereka.
·        Ketrampilan Administrasi
Ketrampilan untuk menata administrasi organisasi atau perusahaan.
·        Ketrampilan Teknik
Ketrampilan untuk menggunakan peralatan-peralatan mesin, teknik dan metode bidang tertentu. Seperti: computer, akuntansi, produksi dan lain-lain.

4.      Sebutkan dan Jelaskan Bentuk Organisasi !
a.      Organisasi Baris.
Adalah bentuk organisasi dimana terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan paling bawah.
Setiap atasan memiliki sejumlah bawahan, dan bawahan bertanggung jawab kepada satu atasannya.
Bentuk ini paling banyak dipakai, dan sesuai untuk perusahaan kecil, karena sederhana dan jelas.

Berikut adalah Kebaikan dan Keburukan dari organisasi garis(lini):
Kebaikan :
·        Kesatuan dalam pemerintah atau pimpinan
·        Pengambilan keputusan cepat
·        Solidaritas karyawan tinggi
·        Sederhana, biaya rendah.
Keburukan :
·        Sangat tergantung pada satu orang pimpinan
·        Pimpinan cenderung otokratis
·        Karyawan sulit berkembang.


b.     Organisasi Garis dan Staff.
Adalah bentuk organisasi yang banyak dipakai oleh perusahaan besar, daerah ushanya luas dan kompleks. Pada prinsipnya hamper sama dengan banyak bentuk garis, hanya ditambah staff, yaitu satu atau beberapa  orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya member saran atau nasehat sesuai bidangnya kepada pimpinan perusahaan. Bila mengalami kesulitan dalam menangani masalah yang terjadi, staff tidak memiliki hak memerintah bawahan.

Berikut adalah Kebaikan dan Keburukan dari Organisasi garis dan Staf:
Kelebihan :
c.      Sesuai untuk perusahaan besar
d.      Keputusan lebih rasional dengan adanya staf
e.      Dapat mewujudkan “The Right Man in the Right Place”
Keburukkan:
f.       Organisasi rumit dan kompleks
g.      Koordinasi sulit diterapkan
h.      Jumlah karyawan banyak, sehingga solidaritas kurang dan tidak saling mengenal



c.      Organisasi Fungsional
Adalah organisasi yang berbagi ke berbagai bidang seni fungsi, seperti: Pemasaran, Produksi, Personalia dan keuangan. Wewenang dan tanggung jawab melekat terhadap proses atau fungsi masing-masing.
Setiap anggota fungsinya hanya mengerjakan fungsinya, wewenang dan tanggung jawab sangat tegas telah digariskan.
Para manajer fungsi bertanggung jawab mengawasi bawahannya sesuai dengan fungsinya, namun bisa memerintah kebagian lainnya sepanjang masih memiliki kewenangan.

Berikut adalah Kebaikkan dan keburukkan Organisasi Fungsional:
Kebaikan :
a.      Pembagian tugas jelas
b.      Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan dimaksimalkan
c.      Masing-masing fungsi dipegang oleh para ahli
Keburukan:
d.      Karyawan dapat menerima perintah dari beberapa atasan
e.      Tidak ada kesatuan perintah
f.       Makin merasa ahli, akan sulit bekerja sama.


d.     Organisasi Matrix
Adalah bentuk organisasi dimana perusahaan biasanya mengerjakan 2 pekerjaan, yaitu pekerjaan dasar dan pekerjaan-pekerjaan tertentu. Dalam perusahaan besar dan batas toleransi pekerjaan yang singkat maka dipakai matrik.
Alasan lain untuk menghindari berbenturan antara pekerjaan dasar dan pekerjaan-pekerjaan tertentu yang harus selesai keduanya dengan baik.
Dalam bentuk matrix, terjadi hubungan antar berbagai fungsi. Misalnya: perusahaan sepatu yang aktivitas dasar memproduksisepatu, Menerima pesanan yang harus selesai dalam waktu tertentu, dengan jumlah tertentu, agar ke2 pekerjaan bisa selesai maka bentuk matrix yang cocok.

Berikut adalak Kebaikan dan keburukan Organisasi Matrix:
Kebaikan :
a.      Adanya aktivitas lain yang dikerjakan tanpa menggangu aktivitas dasar
b.      Mendorong inovasi dan kreativitas kaaryawan
c.      Mendorong munculnya cara-cara baru, bentuk penyelesaian baru dan semangat kerja positif.
Keburukan:
d.      Munculnya konflik antar fungsi karyawan
e.      Hanya organisasi tertentu yang adapat memakai bentuk ini
f.       Dapat menggangu aktivitas dasar
g.      Biaya mahal
h.      Terdapat lebih dari satu atasan



e.      Organisasi Komite
Komite adalah kelompok formal yang menggantikan para manajer didalam struktur organisasi. Anggota komite memiliki wewenang dan tanggung jawab, anggota komite berasal dari tingkatan manajemen.
Semua keputusan organisasi dipelajari dan dievaluasi oleh anggota komite. Bentuk ini sesuai untuk organisasi yang sangat perlu sikap hati-hati dan berbagai sudut pandang. Misalnya: organisasi rekayasa genetika(BATAM) dan Organisasi anariksa.

Berikut Kebaikan dan Keburukan Organisasi Komite:
Kebaikan :
a.      Keputusan yang diambil lebih baik, karena melalui rapat yang mendalam
b.      Keputusan yang diambil mirip keputusan bersama-Obyektif
c.      Hati-hati dan seksama
d.      Terdiri dari para ahli
Keburukan:
e.      Keputusan yang diambil lama
f.       Kadang pendapat akhir berasal dari anggota komite yang dominan
g.      Keputusan kadang kurang efektif karena kompromi

5.      Sebutkan dan Jelaskan Konsep-Konsep Inti Pemasaran, Menurut Philip Kotler!
KOSEP INTI PEMASARAN
a.      Kebutuhan
Adalah konsep paling pokok, yang melandasi pemasaran. Kebutuhan adalah segala sesuatu keadaan perasaan yang harus dipenuhi, kalau tidak akan menderita(mati) seperti makan, minum, pakaian.
b.      Keinginan
Adalah kebutuhan yang dibentuk oleh budaya, sikap pribadi seseorang. Misalnya: orang Indonesia makan nasi.
c.      Permintaan
Adalah kebutuhan atau keinginan manusia yang didukung daya beli.
d.      Produki
Adalah alat pemuas kebutuhan, keinginan dan permintaan.
e.      Pertukaran
Adalah kegiatan untuk mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
f.       Transaksi
Adalah bentuk pertukaran yang lebih luas, ada nilai-nilai , syarat-syarat, kesepakatan, waktu dan tempat kesepakatan.
g.      Pasar
Kumpulan pembeli nyata ataupun pembeli potensial. Pasar timbul disekitar produk (barang/jasa) yang bernilai. Seperti pasar tenaga kerja, pasar uang, pasar mobil, hp dan lain-lain.

6.      Sebutkan dan Jelaskan Konsep-Konsep Manajemen Pemasaran!
Berikut adalah konsep-konsep manajemen pemasaran antara lain:
a.      Konsep Produksi
“Konsumen akan menyukai produk-produk yang murah, jumlah atau variasi banyak &mudah dijangkau” Apa yang dilakukan manajemen? Untuk efisiensi produksi dan distribusi.
b.      Konsep Produk
“Konsumen akan senang produk yang mutu, penampilan baik dibandingkan produk lain. Sikap manajemen perbaikan-perbaikan pada produk terus-menerus”.
c.      Konsep Penjualan
“Konsumen tidak membeli produk, karena tidak ada mempunyai sikap manajemen-manajemen promosi, teknik menjual yang baik”.
d.      Konsep Pemasaran
“Untuk mencapai sukses, maka melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih baik dibandingkan pesaing-pesaing”.
e.      Konsep Pemasaran Kemasyarakatan
“Tujuan pemasaran bukan untuk memuaskan kebutuhan, keinginan dan permintaan saja. Tapi yang lebih penting bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat”.

7.      Jelaskan pengertian Pemasaran!
Secara umum, pengertian pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

8.      Jelaskan Tujuan Sistem Pemasaran !
Tujuan system pemasaran dapat dibagi menjadi 4 antara lain :
a.      Memaksimalkan          Konsumsi

Konsumsi-->Produksi-->kesempatan kerja -->Kemakmuran
b.      Memaksimalkan kepuasan konsumen.
c.      Memaksimalkan pilihan.
Artinya tersedianya aneka atau ragam produk, jumlah, variasi, harga, mutu sebagai banyak pilihan.
d.      Memaksimalkan kulitas hidup
Banyak barang atau jasa yang bermutu tinggi yang dimanfaatkan bagi kelangsungan hidup umat manusia.
 
 http://ayucintyavirayasti.blogspot.com/p/1.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar